Beranda > Komputer & Internet > Software dengan nama berbau Indonesia

Software dengan nama berbau Indonesia

Berikut ini adalah daftar nama-nama software yang menggunakan kata-kata berbau bahasa Indonesia :

Java

Tentunya tidak ada hubungan antara bahasa Jawa dengan bahasa Java. Bahasa Jawa adalah bahasa yang dipakai oleh sebagian penduduk di pulau Jawa, sedangkan Java adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Sun Microsystem (bagian dari Oracle) untuk membangun aplikasi berbasis Java.

Walaupun demikian, tampaknya terdapat sedikit hubungan antara Java dan pulau Jawa, yaitu dari logo Java yang menggunakan simbol cangkir kopi, konon nama Java sendiri muncul ketika beberapa pegawai Sun Microsystem mendatangi kedai kopi yang menyediakan minuman kopi jawa. Dari situlah nama dan simbol Java muncul.

Apache Jakarta Tomcat

Jakarta Tomcat atau biasa disingkat Tomcat adalah kontainer servlet yang bersifat Open-source yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation (ASF). Jelas tidak ada hubungan antara software ini dengan ibukota negara Indonesia.

Batik SVG Toolkit

Batik SVG Toolkit adalah software library berbasis Java yang digunakan untuk merender, dan memanipulasi file berformat SVG (Scalable Vector Graphics). Batik juga dikembangkan oleh Apache, dan mengambil nama dari istilah mem-batik, yaitu teknik orang Indonesia untuk melukis di atas kain.

Merapi Project

Merapi adalah teknologi yang digunakan sebagai jembatan antara aplikasi yang berjalan di Adobe Flash atau Adobe Air, dengan aplikasi yang dibuat di Java. Merapi juga merupakan proyek open source.

 

 

 

 

Sumatra PDF

Sumatra PDF adalah aplikasi pembaca PDF yang gratis dan bersifat open source. Aplikasi ini dibuat oleh Krzysztof Kowalczyk dan berjalan di sistem operasi Windows.

Pembuat software ini mengindikasikan bahwa pemilihan nama Sumatra tidak ada hubungannya dengan nama pulau Sumatra, dan juga tidak diketahui alasan dipilihnya nama ini.

 

QT Jambi

QT Jambi adalah library Qt yang dibuat sebagai penghubung bahasa pemrograman Java. Qt Jambi awalnya dibuat oleh Nokia, namun kemudian menjadi proyek open source sejak Maret 2010.

  1. 6 November 2010 pukul 3:22 pm

    Lucu ya

  2. 8 Januari 2011 pukul 11:02 am

    pernah dengar gamelan? pasti gamelan.com juga dah pernah anda kunjungi?

  3. 8 Januari 2011 pukul 11:13 am

    ada juga komodo anti virus dan Professional IDE untuk Python, PHP, Ruby, JavaScript, Perl dan Web Dev yang namanya juga komodo.

  4. montoks
    12 Juni 2012 pukul 1:58 am
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: